Mengenal Sistem Operasi Komputer (Bag. 2)

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi


Perkembangan Sistem Operasi Window s
Periode 1980-an

Setelah sukses dengan MS-DOS pada tahun 1981. Pada tahun 1983 microsoft meluncurkan MS-DOS Versi 2.0 pada komputer PC XT. Selanjutnya pada tahun 1984 MS DOS 3.0 Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan harddisk lebih dari 10 MB. Juga pada tahun yang sama diluncurkan MS-DOS 3.1 yang mendukung jaringan. Pada tahun 1985 Microsoft memperkenalkan MS Windows, sistem operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple. Kemudian pada tahun 1986 Microsoft kembali meluncurkan MS-DOS versi baru yaitu Versi 3.2. pada versi ini microsoft menambahkan dukungan untuk floppy 3.5 inch 720 KB.
Pada tahun 1987 microsoft kembali memperbaharui M S – DOS nya dengan mengeluarkan versi 3.3 yang merupakan versi paling populer dari MS DOS. Pada tahun ini Microsoft jugamemperkenalkan Windows versi 2.0. Setahun kemudian microsoft berhasil mengembangkan lagi dengan suasana grafis yaitu MS DOS v4.0. sedangkan IBM memperkenalkan OS/2 yang juga telah berbasis grafis sebagai calon pengganti IBM PC-DOS.

Periode 1990-an
Pada tahun 1990 Microsoft memfokuskan diri pada pengembangan Windows ditandai dengan peluncuran Windows versi 3.0 dan mendapat sambuatan yang sangat baik pada versi ini Microsoft membundel MS OFFICE (Word, Excel, dan PowerPoint) untuk menyingkirkan saingannya seperti Lotus 123, Wordstar, Word Perfect dan Quattro. Setelah mendapat sambutan yang cukup baik pada versi windows. Pada tahun 1991 microsoft kembali meluncurkan MS DOS versi 5.0 dengan penambahan fasilitas full-screen editor, undelete, unformat dan Qbasic. Hingga pada tahun 1994 menjadi tahun terakhir bagi pengembangan MSDOS, versi terakhir dari MS DOS versi 5.0 dengan penambahan fasilitas full-screen editor, undelete, unformat dan Qbasic. Hingga pada tahun 1994 menjadi tahun terakhir bagi pengembangan MSDOS, versi terakhir dari MS DOS adalah MS DOS 6.22. Kembali ke versi windows, tahun 1992 windows meluncurkan versi 3.1 dan 3.11 pada tahun 1994 untuk workgroups.
Setahun kemudian, Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari pada tahun ini juga Versi pertama Windows CE diperkenalkan ke publik. Tahun 1996 Windows NT Versi 4.0 diluncurkan. Pada tahun 1998 microsoft meluncurkan OS terbarunya yaitu Windows 98. Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98 dan berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator .

Periode tahun 2000 keatas
Tahun 2000 merupakan era baru dunia teknologi komputer karena pada era ini perkembangan didunia komputer begitu pesat. Untuk menjaga eksistensinya sebagai OS terbaik. Windows meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT. Pada tahun ini juga meluncurkan windows ME sebagai versi terakhir Windows 95. Pada tahun 2001 windows XP mulai diperkenalkan dan tahun 2003 Microsoft meluncurkan windows server 2003. untuk saat ini Windows XP masih menjadi favorit pemakai komputer. Walaupun pada tahun 2007 microsoft berhasil meluncurkan Windows Vista yang dilengkapi vitur 3D. Namun, keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi. Sehingga masyarakat – masyarakat tertentu yang memakai Vista.

Perkembangan Sistem Operasi Linux
Jika asal usul MSDOS/Windows berasal dari pengembangan QDOS yang dilakukan oleh Bill Gates. Maka UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang mengawali lahirnya Linux ke dunia ini. Sejarah kemunculan UNIX dimulai pada tahun 1965 ketika para ahli dari Bell Labs, sebuah laboratorium milik AT& T, bekerja sama dengan M IT dan General Elect ric membuat sist em operasi bernama Multics. Sistem operasi Multics ini awalnya didesain dengan harapan akan menciptakan beberapa keunggulan, seperti multiuser, multiprosesor, dan multilevel file sistem. Namun pada tahun 1969, AT&T akhirnya menghentikan proyek pembuatan Multics karena sistem operasi Multics ini sudah tidak memenuhi tujuan semula. Dengan kata lain, proyek ini mengalami hambatan karena dalam kenyataannya Multics banyak terdapat bugs dan sulit sekali dioperasikan. Pada tahun 1991 di Finlandia, saat itu seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki bernama Linus Tovald berhasil mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama linux.
Linus Tovald sudah mengenal bahasa pemrograman sejak berumur 10 tahun. Saat itu ia sering mengutak-atik komputer kakeknya, Commodore VIC-20. Karena hobinya dalam dunia komputing, 1988 Linus diterima di Univerity of Helsinki dan pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemrograman C per tamanya. Pada tahun 1991, Linus tidak puas terhadap sistem operasi yang ada pada PC pertamanya (MS-DOS atau Disk Operation Sistem), OS buatan Microsoft.
Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX seperti yang dipakai komputer milik universitasnya. Akhirnya ia mengganti sistem operasi open Source Minix yang berbasiskan UNIX. Adapun Minix ini merupakan sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew S . Tanenbaum, seorang professor yang menggeluti penelitian masalah OS dari Vrije Universiteit, Belanda. Adapun Minix ini digunakan untuk keperluan pengajaran dan pendidikan.
Namun Linus merasa bahwa Minix masih memiliki banyak kelemahan. Dan mulai saat itu, di usianya yang ke-23, Linus mulai mengutak-atik kernel Minix. Dan ia mulai mengembangkan sistem yang kompatibel dengan IBM PC. Pada bulan Agustus 1991, lahirlah Linux 0.01 hasil oprekan Linus, dan pada tanggal 5 Oktober 1991, secara resmi Linus mengumumkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler. Hingga saat ini linux telah berkembang pesat terutama untuk kalangan komunitas-komunitas. Karena OS-nya yang free atau tidak berbayar, Linux juga sebagai satu-satunya OS yang berbasis Open Source yang dapat dimodifiaksi oleh siapa saja yang ingin mengembangkan linux. Hingga lahirlah berbagai OS berbasis linux, seperti Fedora Core, Ubuntu, Mandrake dan berbagai nama lainnya. Bahkan pada tahun 2002 diindonesia sendiri juga lahir berbagai OS buatan anak negeri berbasis Linux mulai bermunculan, diantaranya Trustix Merdeka, WinBI, RimbaLinux, Komura.

Perkembangan Sistem Operasi Macintosh
Apple pertama didirikan pada tanggal 1 april tahun 1976 oleh Steve Jobs, Steve W ozniak, dan salah seorang Insyiur Atari yang bernama Ronald Wayne. Sebelum membantu mendirikan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker elektronik. Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendisain video game untuk Atari. Pada saat itu, Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yang di-host oleh Call Computer, sebuah perusahaan timesharing. Produk pertama perusahaan Apple ini diberi nama Apple I diciptakan oleh Steve wozniak.

Apple I
Apple I di dasarkan pada 8-bit mikro prosesor, M OS 6502 Teknologi, hanya efektif jika dijalankan di bawah 1 MHZ. 6502 adalah sama seperti mikroprosesor yang paling mahal dari Motorola pada saat itu. Pada saat itu, CPU Intel 8080 seharga $US 179 dan Motoroal 6800 seharga $US 170. Wozniak lebih tertarik pada Motorola 6800, tetapi harga keduanya terlalu mahal . Dia pun kemudian sadar, dan hanya mendesign komputer di atas kertas, menunggu hari di mana dia mampu membeli CPU. Ketika MOS Technology memproduksi chip 6502 pada t ahun 1976 dengan harga $US 20, W ozniak membuat sebuah versi BASIC untuk chip tersebut, dan mulai mendisain sebuah computer untuk menjalankannya. Inilah mengapa Wozniak memilih MOS 6502. Komputer telah dibangun dalam terminal video, socket untuk 8K bytes onboard RAM, sebuah alat penghubung Keyboard , dan sebuah kaset board yang akan bekerja bersama perekam kaset reguler. Komputer telah memiliki sebuah motherboard yang sederhana : dimana pengguna telah menyediakan sebuah kasus , yaitu Sumber AC power (arus listrik), ASCII keyboard, dan a display device. Apple1 bisa secara langsung dihubungkan pada suatu televisi dengan suatu RF modulator muncul dalam suatu gulungan pajangan dengan 24 garis berbentuk masing- masing 40 karakter. Produk ini diperkenalkan kepasaran dengan harga $666.66 t ermasuk 4KB RAM dan tape Apple basic.

Apple II
Dengan pendapatan dari penjualan Apple I, dia bisa memulai produksi komputer yang lebih canggih, Apple II; Apple II diperkenalkan kepada publik pada W est Coast Computer Faire pada bulan April 1977. Perbedaan utama dengan Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Dengan cara ini, monitornya tidak hanya bisa menampilkan teks, namun Apple II bisa menampilkan gambar, dan pada akhirnya, warna.
Pada saat yang sama, Jobs menekankan desi gn casi ng dan keyboard yang lebih baik, dengan pemikiran bahwa komputer tersebut harus lengkap dan siap langsung dinyalakan. Apple I hampir bisa seperti itu, namun pengguna masi h harus memasang berbagai macam komponen dan menul i s kode untuk menjalankan BASIC. Dengan dana dan design casing yang baru, Apple II dilepas pada tahun 1977 dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan munculnya pasar PC. Jutaan unitt terjual sampai tahun 1980-an yang termasuk kedalam tipe Apple II adalahApple II+, IIE, IIC, IIC+, IIE Enhanced, IIE Platinum, dan terakhir 16-bit IIGS, diperkenalkan di tahun 1986.

Apple DOS
Tidak Lama setelah Apple II diluncurkan, pada bulan juli 1978 meluncurkan system operasi Apple berbasis DOS pertama. Ini disadari bahwa sebuah sebuah disk drive adalah sangat mendesak untuk komputer. W ozniak menciptakan suatu disain brilian untuk sebuah floppy disk drive, dan demikianlah yang dibutuhkan DOS. Apple Dos tidak diberi nama versi I namun disebut Versi 3.1 karena ini implementasi . Merupakan suatu perbaikan perhitungan x.y Paul Laughton. setiap kali ia meng- compile kembali source program: dimulai dengan x= 0, y= 1, dan setiap kali y mencapai 9, nilai x bertambah 1. Apple DOS beta telah diuji seperti Versi 3.

Apple Pascal
P-System dari Universitas California di San Diego ( UCSD) sangat populer pada tahun 1970’s dan awal 80’s. Dua mahasiswa UCSD , MARK Allen dan Richard Gleaves mengembangkan Suatu microprosesor 6502 interpreter pada musim panas 1978, Kemudian ini menjadi basis untuk Apple I I Pascal di l epask an pada t ahun 1979.

Apple CP/M
Apple III diperkenalkan pada tahun 1980 sebagai komputer untuk para pebisnis. System operasi baru ini diberi nama SOS (Sophisticated Operating System). Setiap program SOS juga membaca sistem operasi ke dalam memori. Setiap DISK Aplikasi SOS terdiri dari satu kernel (SOS.kernel), satu interepter (SOS. Interept), di mana bisa menjadi aplikasi bagi dirinya sendiri, dan beberapa aplikasi yang digunakan,dan sebuah set drivers(SOS driver).

Apple ProDOS
ProDOS dirilis pertama dengan versi 1.0 pada oktober 1983, sebagai pengganti untuk Apple DOS 3.3. Apple ProDOS ini merupakan peningkatan dari Apple SOS. Macintosh Apple Macintosh diluncurkan pada tahun 1984 dengan iklan televisi berjudul 1984 yang didasarkan dari novel karya George Orwell yang juga diberi nama 1984, dengan pernyat aan, “On January 24, Apple Comput er will int roduce Macintosh And you’ll see why 1984 won’t be like ‘1984’” — maksud dari kata- kata tersebut adalah Macintosh yang baru akan membebaskan komputer dan informasi dari kekangan perusahaan besar dan technocrats. Apple juga membuahkan konsep pewarta Apple (Apple evangelist) yang dipelopori oleh karyawan Apple bernama Guy Kawasaki. Setelah kegagalan Macintosh Portable di tahun 1989, Apple mencoba memperkenalkan komputer portabel yang lebih populer, PowerBook, di awal dekade 1990. Generasi pertama produk ini dirancang bersama Sony dan memberikan dan memberikan layout untuk komput er port abel yang masih dipakai sampai saat ini: engsel belakang unt uk mendukung layar, keyboard yang diletakkan menjorok ke belakang dan trackball (yang kemudian menjadi trackpad) diposisikan di depan
keyboard t ersebut .
Di tahun 1994, Apple memperbarui produk Macintosh mereka dengan mengenalkan seri Power Macintosh, yang menggunakan prosesor PowerPC hasil kerjasama IBM , Motorola dan Apple. Prosesor ini menggunakan arsitektur RISC, yang jauh berbeda dengan seri Motorola 680X0 sebelumnya. Sistem operasi milik Apple disesuaikan agar piranti lunak yang dikembangkan untuk prosesor yang lebih tua bisa berjalan dengan seri prosesor PowerPC. Di tahun 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X, sebuah sistem operasi yang didasarkan dari NeXTstep yang menggabungkan stabilitas,kehandalan dan keamanan yang dimiliki UNIX. Mac OS X server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versiServer mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi work group dalam komputer berskala besar.

Tampilan Sistem Operasi Mac OS
Rilis terakhir Mac OS diluncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4.

Tahapan-tahapan OS X sebagai berikut :

  1. Mac OS X Ser ver 1.0kode: “Rhapsody”, di ri l i s: Maret 1999.
  2. Mac OS X PublicBet a k ode: “Kodi ak “, di ri l i s: September 2000.
  3. Mac OS X 10.0(updat e 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) kode: “Cheet ah”, dirilis Maret 2001.
  4. Mac OS X 10.1(updat e 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: “Puma”, dirilis Oktober 2001.
  5. Mac OS X Server 10.1( updat e 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) k ode: “Puma”,dirilis: November 2001.
  6. Mac OS X 10.2( updat e 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8) kode: “Jaguar”, di rilis Agustus 2002.
  7. Mac OS X Server 10.2( updat e 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7- 10.2.8), dirilis Agustus 2002.
  8. Mac OS X 10.3(updat e 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) kode: “Panther”, dirilis  Okt ober 2003.
  9. Mac OS X Server 10.3( updat e 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7- 10.3.8-10.3.9) , di rilis Oktober 2003.
  10. Mac OS X 10.4(update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) kode: “Tiger”, dirilis: April 2005.
  11. Mac OS X Server 10.4(updat e 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005
  12. Mac OS X 10.5(updat e 10.5.1-10.5.2-10.5.3-10.5.4) kode: “Leopard”, dirilis: Okt ober 2007
  13. Max OS X 10.6(kode: “Snow Leopard”; direncanakan beredar pada Juni 2009)

Beberapa kalangan mengat akan bahwa M ac OS X t ermasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain. Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows, Linux & Macintos Perbedaan Windows dengan Linux Macintosh
Windows merupakan Produk dari Microsoft yang didirikan oleh Bill Gates, tujuan Microsoft adalah untuk komersial. sedangkan linux merupakan Sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Tovald pada tahun 1991, pada saat it u dia masih berst at us mahasiswa di Universitas Helsinki. Tidak seperti Microsoft, Linux merupakan system operasi yang gratis dan source codenya pun terbuka sehingga siapapun boleh mengembangkannya. Walaupun demikian, Lisensinya tetap dipegang oleh Linus Trovald sebagai jerih payahnya dalam menemukan linux. Sedangkan Sistem operasi MC OS merupakan system operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan komputer Apple. Perusahaan Apple didirikan pada tahun 1976 oleh steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insinyur Atari yang bernama Ronald Wayne.

About these ads

Posted on 18 August 2010, in Info Fistik and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 56 other followers

%d bloggers like this: