Rekor Baru “Suhu Bumi” Tahun 2010

Kebiasaan Saat Hari Panas

Akhir-akhir ini kita semua rasakan cuaca begitu panas, sehingga memunculkan kebiasaan-kebiasaan baru. Kebiasaan baru tersebut ada yang positif atau boleh dikatakan lebih produktif/konstruktif dan ada pula yang bukan negatif tetapi kurang produktif bahkan ada kebiasaan yang negatif.
Kebiasaan akibat naiknya suhu bumi yang produktif diantaranya; mahasiswa lebih memilih tinggal diperpustakaan kampus untuk membaca, mengerjakan tugas, dan yang lainnya karena fasilitas perpustakaan yang dilengkapi pendingin udara (AC), demikian pula mungkin bagi pekerja di perusahaan/lembaga pendidikan yang sudah tersedia fasilitas pendingin udaranya..yaa minimal kipas angin.
Kebiasaan positip tetapi kurang produktif, antara lain perorangan atau kelompok menceburkan diri ke kolam pancuran di bundaran/ kolam renang hany untuk mendinginkan suhu badan. Selanjutnya kebiasaan cenderung negatif yang merupakan fakta di masjid yang penulis tempati biasa shalat jama’ah yaitu terbentuknya kelompok jamaah yang berlokasi ditempat yang mendapat siraman angin ( bukan siraman air) dari kipas listrik di masjid pada saat sebelum iqomat, pengaturan shaf dan sesudah shalat. Sehingga shaf yang biasanya tersebar merata tertib menjadi agak kacau karena berebutan tempat yang berangin tersebut.
Bicara tentang suhu bumi yang panas, informasi terbaru kami dapatkan bahwa Met Office di Inggris menyatakan bahwa tahun 2009 merupakan tahun terpanas kelima dalam 160 tahun terakhir sejarah bumi dan tahun 2010 nanti suhu bumi memecahan rekor yang tercatat pada tahun 1998.

Tahun 2010 suhu bumi mencatata rekor baru
Menurut Met Office di tahun 2010 nanti suhu rata-rata bumi akan naik sebesar 0,58 Celsius atau 1,04 Fahrenheit dari suhu rata-rata yang dicatat sepuluh tahun lalu.

Bila sebelumnya adalah 14,0 Celsius atau 57,2 Fahrenheit, maka tahun depan akan menjadi 14,58 Celcius atau 58,24 Fahrenheit. Perubahan ini diakibatkan kombinasi perubahan iklim global dan pemanasan dalam kadar yang moderat di daerah Pasifik yang beriklim tropis.

“Perkiraan terakhir yang dicatat ilmuwan klimatologi kami memperlihatkan bahwa temperatur global diperkirakan hampir 0,6 Celsius di atas rata-rata yang tercatat antara 1961 sampai 1990an,” sebut Met Office dalam rilis mereka yang dikutip BBC.

“Ini berarti, lebih mungkin daripada tidak, bahwa tahun 2010 nanti akan menjadi tahun yang paling panas dalam catatan yang dilakukan sejak 1860,” sambung Met Office.

Catata suhu rata-rata bumi yang ada saat ini dipengaruhi oleh ekstrem El Nino, dimana permukaan laut yang memanas di kawasan timur Pasifik melepaskan aurs panas di kedalaman laut ke atmosfir, dan mengakibatkan pemanasan global. sumber : jpnn

Posted on 11 December 2009, in Info Fistik and tagged . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. kyak d mesjidmi itu ustaz… ksi jga ac itu perpus spya bnyak yg dtang mmbaca…..
    hehehehe

  2. postingan saya, memang sebagian realita disekitar kita. Yang lagi ‘on fire’ teman2mu adalah ketidakkonsentrasian belajar dengan banyak main. Perpus tidakji panas, yang perlu didinginkan ‘hati’ kita supaya kembali semangat belajar. Selamat Belajar !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: