Kiat Sukses Ujian Nasional 2010


Adik-adik siswa setingkat SMP dan SMA baik di SMP/M.Ts, SMA/MA atau di SMK kalau tidak ada aral melintang ( kalo ada aral di tengah jalan melintang disingkirkan saja)…ehh insyaAllah pekan 3 dan 4 Maret 2010 kita semua akan diuji oleh BSNP melalui Ujian Nasional. AAhhh berat barangkali dirasa, tapi mau di apa langkah yang terbaik adalah kembali memposisikan tugas kewajiban kita sebagai pelajar yaitu bee..laa..jaaaar!

Tentunya kita semua mau berhasil khan ? naah ini dia beberapa kiat yang mungkin bisa di baca, kalo cocok dicoba diterapkan mudah-mudahan kita semua berdo’a anda semua berhasil dan lulus UN 2010. Amin

Pertama : Maksimalkan Belajar !

Ya, belajar, belajar, dan terus belajar. Itulah yang harus dilakukan. Belajar ekstra keras dan disiplin yang terus menerus harus dilakukan. Belajar bisa dengan belajar mandiri, kelompok, privat, les atau bimbingan belajar. Mumpung masih ada waktu, maka para pelajar harus belajar lebih baik dari sebelumnya. Ingatlah tidak ada yang sulit jika mau belajar dan berlatih terus menerus. Yang dimaksud belajar dan terus belajar bukan berarti tidak perlu refresing, refresing secukupnya sangat penting bias berupa jalan subuh, dan olahraga lain yang tidak terlalu menguras tenaga.

Ingat lho, orang pintar mengatakan rizki itu ada dua, yaitu rizki yang harus diusahakan dan rizki yang tidak disangka-sangka !

Kalau ujian mungkin atau hamper pasti lebih cenderung yang harus diusahakan dulu yaitu dengan belajar dan belajar, dan hasilnya diatas yang nentuin.

Kedua : Buat Peta Kemampuan Diri

Standar Kelulusan (SKL) adalah cermin UN. Maka cobalah bercermin dengan SKL pada setiap mata pelajaran yang diujikan. Bercerminlah secara jujur, dengan begitu kemampuan dan kekurangan akan mudah diketahui. Setelah bercermin pada SKL inilah, saatnya sekarang membuat peta kemampuan dari setiap mata pelajaran. Dengan peta kemampuan diri, akan mudah melangkah dan memacu kemampuan diri.

Materi pada SKL yang belum dikuasai perdalam dan sering latihan soal dan jangan lupa kemana-mana bawa buku dan SKLnya, supaya terarah belajarnya!

Ketiga : Positive Thingking Dan Positive Feeling

Dengan kondisi tersebut, akan mudah mendapatkan hasil dari apa yang paling sering dipikirkan dan dirasakan. Itulah inti dari pikiran dan perasaan positif. Artinya, apa yang dipikirkan dan dirasakan saat ini, dengan UN sangat menentukan hasilnya nanti. Bila Anda berpikir dan merasa positif saat ini, maka hasil UN nantinya juga positif. Begitu pula sebaliknya.

Keempat : Yang Mudah Di Dahulukan !

Misalnya try out, ataupun ujian betulan nantinya dahulukan soal-soal yang mudah. Salah satu cara praktis ketika sedang menghadapi soal UN, setelah berdoa tentunya, adalah mencermati soal dengan seksama. Fahami maksud soal dengan baik, dan jangan sampai salah memahami maksud soal. Segera tandai soal-soal yang diyakini mudah dan pasti benar bila dikerjakan. Sekali lagi, kerjakan soal yang benar-benar mampu diselesaikan dengan benar. Ingatlah, jangan terjebak dengan mengerjakan soal selalu menurut urut nomor soal.

Kelima : Berhati-hati dengan LJK !

LJK kepanjangannya Lembar Jawaban Komputer. Cara menyikapi hati-hati LJK dapat dilakukan dengan cara diantaranya, menyiapkan dan membawa alat tulis milik pribadi yang ‘legal’ untuk LJK, hindari kesalahan mengisi data pribadi dan jawaban di LJK pada kolom yang telah ditentukan. Kemudian, bila terjadi kesalahan ganti dengan hati-hati sesuai petunjuk. Setelah itu, hati-hatilah saat menebalkan atau menghitamkan pilihan jawaban, dan yakinkan setiap jawaban terbaca oleh komputer.

Bila telah selesai, periksa kembali LJK tersebut dan cocokkan data pribadi dengan kartu peserta ujian. Kemudian teliti kembali jawaban sebelum mengumpulkannya kepada pengawas. Kemampuan menjawab benar harus disertai dengan pengisian LJK yang benar pula.

Keenam : Jangan Menjadi Mayat Berjalan !!!

Ini yang penting juga !Jangan mengandalkan jawaban pemberian apakah dari sms di HP, atau di internet !. Kalau diawal sudah berniat menunggu atau mencari jawaban dari teman atau media lain maka anda dikategorikan mayat hidup !!! Kenapa ? karena otak pikiran anda mati dan beku duluan tidak bias diajak berfikir alias mogok..Hati-hati ada mayat berjalan dan berseragam !

Ketujuh : Berdo’alah Selalu

Perbanyaklah berdoa kepada Allah SWT.

Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan permohonanmu’.

Demikian Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah: 186. Manusia hanya bisa merencanakan, Tuhanlah yang menentukan hasilnya. Manusia tidak berdaya tanpa pertolongan-Nya. Itulah kata-kata yang menunjukkan bahwa doa itu dahsyat, doa itu luar biasa.

Yang tak kalah pentingnya adalah mendekatkan diri kepada Allah baik sebelum, ketika dan sesudah UN. Memperbanyak doa dapat dilakukan dengan cara-cara seperti, berdoa secara pribadi, yaitu memperbanyak doa kepada Allah sesudah shalat wajib, shalat dhuha dan lebih utama lagi bila dikerjakan setelah shalat sunnah tahajud malam hari. Mintalah orang tua mendoakan secara khusus serta perbaikilah perilaku dan pergaulan.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, otomatis akan banyak orang yang memberikan doa restu. Libatkan Allah dalam persiapan meraih sukses UN 2010. Karena kesuksesan dalam UN ditentukan oleh kerja keras ditambah dengan strategi belajar yang tepat serta ketekunan berdoa kepada Allah SWT. Selamat mencoba, semoga kesuksesan dalam pelaksanaan UN menjadi milik Anda.

Posted on 24 December 2009, in informasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: