Gerhana Venus (Okultasi)

Peristiwa singkat yang menarik dan langka terjadi  pada hari ahad,  16 Mei 2010 kemarin. Meski terlambat posting tetapi peristiwa yang akan terjadi lagi 50 tahun yang akan datang tersebut begitu jelas terekam dalam penglihatan dan ingatan. Kalau- dihitung-hitung  50 tahun yang akan datang umur saya terhitung 88, sampai ndak yaa…Wallahualam.

Ba’da shalat magrib, kebetulan langit tidak mendung padahal sehari-hari di Enrekang diguyur hujan. Di arah barat sangat jelas terlihat  planet venus yang bersinat terang berada diatas bulan sabit. Terdengar komentar santri yang berwawasan politik, waah… itu seperti simbol bulan bintang lambangnya partai bulan bintang. Sebagian berteriak, heeeiii .. itukan benderanya Portsmouth !! Itu lho  salah satu kesebelasan sepak bola yang menjadi lawan Chelsea pada laga final piala FA. Rupanya santri mengikuti juga perkembangan sepakbola…

Begitu adzan isya’ terdengar, berhamburan santri untuk menunaikan shalat isya jama’ah. Selesai shalat isya’  sinar venus rupanya sudah menghilang  terhalang oleh bulan. Selesai sudah cerita mereka tentang lambang partai, bendera kesebelasan Portsmouth dan lainnya karena mereka lebih memikirkan untuk makan malam. Di Pesantren makan malam ba’da shalat isya’ kalau ada jadwal kegiatan ba’da magrib.

Menurut Pak Djamal, Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang memiliki nama lengkap Thomas Djamaluddin sekitar pukul 18.50 WIB,  venus akan menghilang karena tertutup bulan yang disebut gerhana venus. Nanti setelah pukul 19.30 WIB, Venus akan muncul lagi di bawah bulan sabit. Semoga cuaca cerah,” katanya pada vivanews

Wilayah tertentu saja yang dapat menyaksikan yaitu  Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Hanya bagian barat yang dapat menyaksikan lengkap, Kalimantan dan Sulawesi hanya menyaksikan awalnya, okultasi atau gerhana Venus memang mirip gerhana Matahari saat Matahari tertutup bulan.

Kemiripan bulan bintang yang ada celetuk dari santri barangkali seperti gambar dibawah.

Cuman, pada gerhana venus yang bercahaya diatas bulan sabit adalah planet venus (bukan bintang), yang berwarna kuning gambar di tengah memang dimaksudkan bulan dan bintang sedang gambar paling kanan yang dimaksudkan memang bulan dan bintang terkait harapan klub bersangkutan terhadap prestasi yang ingin diraihnya. Tetapi dalam pertandingan kalah dengan Chelsea 0-1.

Posted on 18 Mei 2010, in Info Fistik and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. malam ini kejadian lagi kok. jd ga meski nunggu bertahun2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: