Berapa Volume Air Laut Di Dunia ?

Alamaaak.., kalau disuruh mengukur volume batu atau zat padat yang bentuknya tidak teratur ya mudah. Ikat batu dengan benang, dan..celup ke gelas berpancuran atau gelas ukur ! Naah, volume air yang tumpah atau pertambahan volume pada gelas ukur itulah volumenya batu !Mudahkan ?
Tapi kalau disuruh mengukur volume air pada ember dimana dasar ember adalah batuan yang bentuknya tidak beraturan.. gimana yaa ? Itu masih skala yang kiat dapat menjangkaunya tetapi kalau yang mau dikur adalah volume air laut di dunia ini…ngglegek..jadi haus niih


Pada tahun 1888, seorang peneliti bernama John Murray mencoba menghitung volume air laut yang tentunya kedalaman laut di beberapa lokasi harus diketahui. Naah, pada saat itu untuk mengukur kedalaman laut dengan cara menjatuhkan tali yang diberi pemberat berupa timah dari sebuah kapal.

Kemudian pada tahum 1920-an untuk mengukur kedalaman laut sudah memanfaatkan teknologi echosounder yaitu alat untuk mengukur kedalaman air yang menggunakan pancaran tunggal sebagai pengirim dan penerima sinyal gelombang suara.

Sekarang, beberapa peneliti dari Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) Department of Marine Chemistry and Geochemistry Amerika Serikat mulai menghitung volume dan kedalaman air laut melalui satelit. Dan hasilnya menurut Matthew Charette adalah bahwa volume air laut kira-kira sebanding dengan lima kali air laut di teluk Meksiko atau lima ratus kali lebih banyak dari Great Lakes.

Ternyata yang mencengangkan, hasil perhitungan pada tahun 1888 oleh John Murray yang memakai peralatan sederhana ternyata hanya selisih 1,2 persen. Waah hebat juga yaa.. peneliti jaman dulu..Dari ketelitian memang menggunakan satelit dapat tergambar betul relief dasar laut dan terukur lebih akurat dan detail. Sedangkan bila menggunakan teknologi echosounder membutuhkan waktu selama 200 tahun, atau dibutuhkan sepuluh kapal selama 20 tahun untuk mengukur seluruh permukaan dasar laut. “Itu membutuhkan dana sekitar US$ 2 juta,” ujar Walter H.F. Smith, seorang Geophysicist pada Nasional Environmental Satellite, Data and Information Service of The Nasional Oceanic and Atmospheric Administration rekan Matthew Charette dalam penelitian ini.

Tapi ada sebuah pertanyaan, mudah-mudahan ada pembaca kasih informasi.Bila dilihat dari gambar yang saya tampilkan ambil dari google earth.

terlingkari merah adalah teluk mexico. Bila volume air laut adalah lima kali air laut dari teluk mexico. Berarti baru sedikit yang terhitung, bandingkan dengan banyaknya air di samudra hindia, pasific dan atlantik…. Atau barangkali yang diteliti adalah volume air laut di amerika saja yaa..

Posted on 22 May 2010, in Info Fistik and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. good information !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: