Masih Ragu Arah Kiblat ?

Dalam acara TVOne ‘Apa Kabar Indonesia‘  pada hari Kamis jam 06.30 WIB atau 07.30 WITA kembali dibahas cara mudah untuk menentukan arah kiblat. Wajar memang hal tersebut menjadi pembicaraan hangat atau menjadi tema diskusi dimana-mana terkait kemungkinan bergesernya arah kiblat karena sering terjadinya gempa bumi di Indonesia atau bahkan pergerakan lempeng (sangat kecil mungkin, kecuali jangka lama tidak dikoreksi arah kiblatnya).

Pada hari ini, Jum’at 15 Juli 2010 pada jam 16.27 WIB (17.27 WITA) matahari tepat berada diatas Mekkah sehingga seluruh wilayah yang masih terkena sinar matahari pada hari itu bayangan yang terbentuk dari sebuah benda tegak (mis batang) menjadi petunjuk arah kiblat. Di setiap tahunnya, Matahari akan berada tepat di atas Kakbah sebanyak dua kali, yaitu pada tanggal 28 Mei pada pukul 12.18 waktu Arab Saudi atau 16.18 WIB (17.18 WITA) dan 16 Juli pada pukul 12.27 waktu Arab Saudi atau 16.27 WIB (17.27 WITA).

Kalau hari ini terhalang olah cuaca, hujan atau mendung misalnya ada toleransi ± 1 hari. Jadi bisa kemaren Kamis atau besok hari Sabtu. Demikian juga toleransi waktu pengukuran yaitu ± 5 menit dari yang ditetapkan. Misalnya di daerah Indonesia bagian tengah seharusnya pada jam 17.18 WITA maka dengan memperhitungkan toleransi pengukuran dapat dilakukan antara jam 17.13  WITA s.d 17.23 WITA.

Metode lain yang mudah tetapi memerlukan perangkan Internet menggunakan Qiblalocator. Cukup membuka situs Qibla locator, selanjutnya kita mencari loaksi masjid yang akan nampak dari atas dan akan nampak benar atau kurang tepatnya arah kiblat masjid kita.

Posted on 16 July 2010, in It's Amazing and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: