Khwarizmi Dan Angka Nol

Drama tujuh gol mewarnai partai Inter Milan melawan Tottenham Hotspur yang dipertandingkan kamis dini hari tadi. Inter walaupun menang rupanya tidak mampu mempertahankan kemenangan 4-0 pada babak pertama sementara tottenham hotspurs sejak menit kedelapan tinggal bermain 10 orang ! Lain lagi berita Real Madrid yang sampai saat ini gawangnya belum pernah kebobolan alias  0 gol masuk ke gawang iker casillas. Sepertinya  sesuatu hal menjadi seru kalau ada angka nol (0) nya.

Lain cerita masih terkait angka nol. Sekeping mata uang ataupun selembar uang kertas dengan jumlah nol yang berbeda tentu nilainya juga berbeda walaupun dicetak dengan dimensi dan bahan yang sama. Disinilah pentingnya sebuah angka nol sebagai tanda kelipatan, apakah sepuluh, seratus, seribu, dan seterusnya.

Abu Abdullah Muhammad bin Musa al-Khwarizmi (780 – 850 M) ~seorang ahli matematika muslim kelahiran Khwarizm Kheva, sebuah kota di sebelah selatan sungai Oxus Uzbekistan~ yang telah menciptakan angka nol atau “sifr” untuk pertama kalinya pada tahun 830 M, dalam sebuah karyanya yang terkenal yaitu Al-Maqala fi Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah (The Book of Summary in the Proces of Calculation for Compulsion and Equation)

Mulai saat itu, lahirlah suatu sistem bilangan desimal baru ang dilengkapi dengan simbol nol. Khwarizni menemukan solusi akan perkembangan aritmatika yangsemakin kompleks dan tidak mudah, ketika harus menghitung jumlah yang tidak sedikit, seperti satu juta, milyar dan sebagainya. Khwariszmilah salah satu ilmuwan Islam yang berusaha keras menciptakan sistem bilangan yang dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Posted on 21 Oktober 2010, in It's Amazing and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: