Fisika SMA XII IPA : Elektrostatis (Gaya Coulomb)

Bila dua buah muatan listrik dengan harga q1 dan q2, saling didekatkan, dengan jarak   pisah r, maka keduanya akan saling tarik-menarik atau tolak-menolak menurut hukum Coulomb berikut :

Besar Gaya Interaksi(tolak menolak/tarik menarik) antara dua buah muatan berbanding lurus dengan besar muatan-muatannya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan”.

Dalam bentuk persamaanDimana :

F = Gaya interaksi (N)
k = konstanta coulomb (9.109 Nm^2/C^2)
q = muatan listrik (C)
r = jarak antara kedua muatan listrik (m)

Interaksi Muatan

Interaksi antara dua muatan, bila muatannya sejenis akan tolak menolak, bila berbeda muatannya akan tarik menarik. Dan arah gaya tolak menolak atau tarik menarik seprti pada gambar dibawah

Konstanta pembanding (“k”) harganya tergantung pada tempat dimana muatan tersebut berada.Bila pengamatan dilakukan diruang hampa/udara; besar “k” dalam sistem SI adalah k= 9 x 10 9 Nm2/Coulomb2

Harga pastinya :

e0 = permitivitas udara atau ruang hampa.
= 8,85 x 10-12 Coulomb2 / newton m2

Untuk medium selain udara, maka harga k juga lain sebab tergantung dari  permitivitasnya.

Contoh Soal :

Dua buah muatan listrik   q1 = – 1,0μC dan q2 = + 2,0μC  berjarak 0,30 meter. Tentukan besar gaya interaksi kedua muatan tersebut !

Karena F adalah vektor, maka bila gaya resultan yang disebabkan oleh 3 titik muatan, penjumlahannya juga memenuhi aturan vektor.

Materi lengkap listrik statis ( Elektrostatis) klik berikut –> Listrik Statis
Untuk contoh soal interaksi 3 muatan listrik ( Resultan Gaya) klik berikut –> Interaksi 3 muatan listrik

Posted on 28 October 2010, in Materi Ajar and tagged , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. Mohon bantuannya :

    Setiap titik sudut suatu persegi yang bersisi 10 cm terdapat muatan sebesar 9 x 10 pangkat -6 C. Hitung gaya yang dialami oleh elektron yang terletak pada perpotongan diagonalnya ! (qe = -1,6 x 10 pangkat -19 C )

  2. Mohon bantuannya secepatnya :

    jika Setiap titik sudut suatu persegi yang bersisi 10 cm terdapat muatan sebesar 9 x 10 pangkat -6 C. Hitung gaya yang dialami oleh elektron yang terletak pada perpotongan diagonalnya ! (qe = -1,6 x 10 pangkat -19 C )

  3. Ada dua buah muatan yg besarnya sama, masing2 Q1 dan Q2 di dekatkan sehingga kedua muatan tsb saling menolak dg gaya F. Jika masing2 muatan diperbesar dua kali, maka berapakah gaya tolak menolak antara kedua nya?

  4. Besar gaya tarik/menarik/tolak-menolak sebanding dengan perkalian masing-masing muatannya. Jadi kalo Q1 dan Q2 diperbesar 2 kali berarti gaya tolaknya menjadi 4 kali gaya semula. Gimana Ris ?

  5. Mohon bantuan secepatnya….

    Jarak antara ke 2 muatan digandakan 4 kali dibandingkan dengan gaya semula . tentukan besarnya gaya elektrostatis antara 2 muatan setelah digandakan ! Terima kasih….

  6. Jarak (r) berbanding terbalik dengan Gaya (F). Kuadratkan saja jaraknya, 4^2 = 16. Jadi F2 = 1/16 F1

  7. ok makasih…

  8. Saya mau bertanya..mohon dijawab secepatnya
    pada titik sudut B dan D sebuah bujur sangkar ABCD masing masing diletakkan sebuah partikel bermuatan +q. Agar kuat medan listrik di titik A sama denga nol, mk di titik C harus diletakkan sebuah partikel bermuatan sebesar?

    terimakasih

    • desy ayu sastika

      mohon bantuan nya segera ..
      pada titik-titik sudut B dan D sebuah bujur sangkar ABCD masing-masing diletakan sebuah partikel bermuatan +q. Agar kuat medan listrik di titik A nol, maka di titik C harus di letakan sebuah partikel bermuatan sebesar ?

  9. dua muatan +Q terpisah sejauh 1cm. jika salah satu dari muatan di gantikan oleh sebuah muatan -Q , besar gaya listrik diantara kedua muatan adalah……

    a.nol c.lebih kecil
    b.sama d.lebih besar

    jawabanya apa?

  10. berapa kali besarnya gaya coulomb/gaya tarik menarik/tolak menolak bila kedua muatan jaraknya di perbesar 2kali dari semula?

  11. MANTAP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: