Optimalisasi Multimedia Interaktif Pesona Edu

‘It’s Amazing’  nama salah satu halaman pada blog ASaFN2 (adiwarsito.wordpress) yang sedang anda kunjungi saya buat dilatarbelakangi sebuah keterpesonaan saya terhadap korelasi sains dan agama. Sehingga materi artikel atau postingan yang ada masih terkait dengan sains dan agama. Tetapi ada hal yang juga mempesona saya beberapa hari belakangan ini, saat mengikuti pelatihan optimalisasi multimedia interaktif dengan Software’ Pesona Edu yang dikembangkan PT. Pesona Edukasi, sebuah perusahaan pengembang software pendidikan sejak tahun 1986 dengan produk Pesona Matematika, dan Pesona Sains (Pesona Fisika, Pesona Biologi dan Pesona Kimia) memang mempesona. Sehingga waktu 3 hari selama pelatihan ‘tanpa terasa’ dilalui.


Mulai tanggal 19 ~ 21 Nopember 2010, bertempat di BPPNFI Jalan Adyaksa Makassar bersama guru dari Enrekang dan Kotamadya Pare-pare dilatih instalasi software multimedia interaktif dengan pengunciannya  memakai donggle.

Maklum kerjasama pemerintah daerah enrekang dengan pesona edu memerlukan biaya tidak sedikit, sehingga saya pribadi yang pernah ikut juga pelatihan gasing Yohanes Surya ‘Guru para Juara Olimpiade Fisika’ dari Indonesia merasakan keduanya berkomitmen memajukan Sains di Indonesia.

Lihat salah satu motto barangkali di Pesona Edu “

”Siswa yang tidak mengerti suatu konsep Matematika atau Sains, hanya akan menghafal untuk lulus. Sebaliknya siswa yang memahami suatu konsep dengan benar akan mendapat bekal tidak hanya untuk lulus, namun berguna untuk masa depannya ”

sedangkan Gasing yang memiliki kepanjangan Gampang, Asyik  dan Menyenangkan juga kurang lebih seperti diatas, bedanya Gasing memfokuskan pada Fisika sehingga melahirkan juara-juara Olimpiade Fisika Dunia.

Penanaman konsep menjadi prioritas utama keduanya. Fisika Gasing melatih menyelesaikan persoalan Fisika dengan pijakan konsep yang matang sehingga soal-soal Fisika dapat diselesaikan tanpa rumus dan butuh waktu yang cepat bila dibandingkan cara konvensional yang hanya mengandalkan hafalan rumus.

Pada Pesona Edu, pemahaman konsep ditanamkan melalui dukungan multimedia interaktif, dengan eksplorasi software dan mempelajari serta mengoptimalkan penggunakan ikon-ikon yang ada, menguasai materi ajar, menggunakan metode yang tepat akan meng’efektifkan’ pembelajaran.

Posted on 22 November 2010, in informasi and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Cara membuat animasi educasinya pake software apa? terus gampang apa sulit ?

    tolong jawab ke : akhisyaiful@yahoo.com

    terima kasih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: