Pembekalan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP)2010

‘Menugaskan penanggungjawab yang menangani penjaminan mutu pendidikan pada sekolah dan memiliki kemampuan mengoperasikan komputer untuk berperan aktif dalam pembekalan’ , sebuah kalimat yang menyelip pada sebuah surat permohonan peserta Pembekalan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan pada 3-4 Desember 2010  bertempat di Hotel Mercure Makassar yang malam jam 20:00 Wita tadi ditutup.

Selalu ada cerita-kejadian yang menarik dalam setiap pelatihan, termasuk dalam pembekalan aplikasi ini. Selama 2 hari konsentrasi kami diperlukan karena pada instalasi komputer dari program aplikasi dan cara menginput data ada cara-cara tersendiri. Alhamdulillah semua bisa terlalui dan InsyaAllah kita semua dapat mengoperasikan dan memanfaatkannya.

Dalam pembukaan, Pak Wahyu seorang konsultan pengembangan aplikasi EDS dari Jakarta dalam slide pembukanya menyindir tentang adanya guru pendidik yang  yang belum kenal ENTER, salah satu tuts pada papan keyboard sebagai alat input ke komputer/laptop. Ini terjadi di beberapa daerah di beberapa propinsi yang sempat dikunjungi. Sehingga pelatihan ini dipersyaratkan seperti diatas untuk tujuan efektivitas pembekalan aplikasi.

Pada hari I,  Materi Pelatihan  Instalasi SNP-EDS dan SIS

Sebuah folder Aplikasi EDS, terdiri  atas xampp.win32.1.7.3, Firefox Setup 3.6.10, dan Instal_ Flash_ Player 10 secara bergantian diinstalkan ke C. Bagi guru yang kurang familiar dengan komputer pekerjaan instalasi dirasakan cukup menarik sekaligus ‘sedikit berat’. Dipandu instruktur  langkah demi langkah melalui slide proyektor proses instalasinya selesai. Nah, bagi yang menginginkan langkah instalasi dapat buka materinya sebagai berikut

H1 – Instalasi Aplikasi

Hari II, Menggunakan Program Aplikasi

Aplikasi sudah terinstal, tetapi pertama kali memakai tidak serta merta mudah dioperasikan. Instruktur yang bukan dari tim ‘asli’  yang tidak memahami betul program, bukan dari sisi shoftware tetapi aspek pendidikan di sekolahnya sehingga sedikit menjadi kendala.

Komputer pribadi atau komputer sekolah, bisa menjadi server lokal untuk mengolah data-data yang bisa dibuka pada MOzilla Firefox yang tersetup Work Offline pada alamat :

A). http://localhost/snpnew

Data yang diisikan pada format di alamat ini adalah :

Profil Sekolah

  1. Jumlah Siswa
  2. Jumlah Rombongan Belajar
  3. Nilai UN
  4. Jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Lahan Bangunan
  6. Ruangan
  7. Program Sekolah

Instrumen EDS

  1. Deskripsi Sekolah
  2. Bukti Fisik
  3. Capaian Indikator
  4. Rencana Aksi
  5. Rencana Pengembangan Sekolah

Data EDS/M

kita mengisi 8 standart yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pengelolaan, Standar Sarana Prasarana, Standar Pembiayaan, Standar PTK dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

B). http://localhost/sis_diknas

Pada alamat ini kita melengkapi data rincian sekolah, antara lain :

  1. Sekolah
  2. Siswa(Seluruh data siswa diinput)
  3. PTK (Guru dan Pegawai)
  4. Sarana & Prasarana (masing-masing ruang)
  5. Transaksi (presensi guru dan siswa)
  6. Setting
  7. Utility (Upload File)

C). http://localhost/phpmyadmin

Pada alamat ini berguna untuk membuat backup-an data kita yang bisa dipindah atau dikirimkan ke komputer lainnya di sekolah. Untuk petunjuk materi pada hari ke II klik berikut

Hari 2. Menggunakan Program Aplikasi

Terima Kasih, semoga bermanfaat !

 

Posted on 4 December 2010, in informasi and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. pak saya mau nanya tentang SNP, ketika saya mengetikkan http://localhost/snpnew kenapa browser tidak menampilkan bentuk apapun, layar nge-blank…
    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  2. kalau sudah terinstal lengkap, XAMPP control Panel sudah starting selanjutnya buka pada http://localhost/snpnew dan setup work offline.

  3. Kami dari smpn 1sampit, sdh selesai menginstall tapi untuk masuk diminta user name dan pasword admin, mohon bantuan untuk dapat akses

    thx

  4. bisa dicoba, username : admin dan pasword : admin.

  5. bagaimana kalau mengentry data snp-eds dan sis dengan tiga komputer. mohon pencerahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: