Golden Ratio Sebagai Konstanta Illahiyah

Sebuah bilangan rasional yang menakjubkan.Apakah “golden ratio” itu ? Dalam bahasa kita, golden ratio bisa disepadankan dengan rasio emas. Berapa besarkah rasio emas itu ? Manusiakah yang melahirkan rasio emas ini ataukah Sang Pencipta ? Seorang matematikawan besar Italia, L Pisano Fibonacci telah berhasil menguak  rasio emas yang tersembunyi di balik sejumlah obyek jagad raya ini. Lewat desain barisan bilangan yang ia ciptakan, ia berhasil menguak kebesaran Dzat Yang Maha Mengetahui lewat konstanta Illahiyah yang dikenal dengan nama “rasio emas” dalam ciptaan makhluk-makhluk-Nya.


“ Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang ? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu dalam keadaan payah” (QS. Al Mulk, 67:3-4)

Masih ingatkah bagaimana bentuk barisan Fibonacci ini ? Fibonacci memulai penyusunan barisan dengan angka 0 dan 1. Kemudian, ia meneruskan kelahiran suku berikutnya dengan cara menjumlahkan dua angka sebelumnya. Sehingga urutan bilangan Fibonacci sebagai berikut :

0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, …

Angka Fibonacci memiliki satu sifat menarik. Jika kamu membagi satu angka dalam barisan tersebut dengan angka sebelumnya, maka akan kamu dapatkan sebuah angka hasil pembegian yang besarnya sangat mendekati satu sama lain. Bahkan angka ini cenderung bernilai tetap setelah angka ke-13 dalam deret tersebut. Mengapa bisa demikian ?

Angka ini selanjutnya, dikenal sebagai “golden ratio” atau “rasio emas”.

233 / 144     = 1,618
377 / 233     = 1,618
610 / 377     = 1,618
987 / 610     = 1,618
1597 / 987   = 1,618
2584 / 1597 = 1,618

Dimanakah rasio emas bersembunyi ?

Ada pada tubuh manusia, pada tumbuh-tumbuhan, hewan, galaksi, mekkah sebagai pusat bumi, bangunan dan hasil karya manusia lainnya…

Lihat rasio emas pada : (dalam proses)
Tubuh manusia
Hewan dan Tumbuhan
Mekkah sebagai pusat bumi
Buah karya manusia

Posted on 14 April 2011, in It's Amazing and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Fibonacci-nya msk Islam nda?

  2. Konstanta Fibonacci sebagai salah satu bukti rahasia penciptaan oleh Allah. Sama halnya dengan konstanta gravitasi, dll masing-masing oleh penemunya diketahui banyak rahasia penciptaan yang kita ketahui akhir-akhir abad ini. Mereka bukan Islam, tetapi ilmunya dapat kita pakai untuk meningkatkan ketaqwaan kita sebagai orang Islam. Sukron

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: