Sketch Up-8 Dan Air Minum Bersih Higienis

Sketch Up8Pesantren Modern Darul Falah Enrekang secara secara astronomis terletak pada 3°14’36” s.d 3°50’00” LS dan 119°40’53”  s.d 120°06’33” BT dan berada pada ketinggian 442 m dpl dengan luas wilayah 1.786,01 km2  secara topografi terbagi atas perbukitan karst (kapur) yang terbentang dibagian utara dan tengah, lembah-lembah yang curam, sungai dan tidak memiliki wilayah pantai.

Dengan kondisi tersebut diatas, wajarlah bila air tanah di kabupaten enrekang mengandung kapur. Apabila air tanah dari sumur atau PDAM dimasak maka akan muncul partikel berwarna putih berupa kerak di dasar panci bahkan yang mengapung di permukaan air.

Pesantren Modern Darul Falah Enrekang yang pada Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah santri sekitar 450-an (sesuai daya tampung asrama) yang diwajibkan mukim/tinggal di Pondok maka sebagai upaya peningkatan pelayanan terhadap santri dan warga Pesantren maka  penyediaan air minum yang bersih dan higienis menjadi sebuah kewajiban.

Langkah awal untuk mem’follow-up’ rencana kegiatan adalah survei lokasi yang tepat untuk dibangun depot air minum RO (Reverse Osmosis).  Lokasinya berada didepan perumahan Guru (RG 5 dan RG6) dan diutara ruang makan santri putra.

WP_20140128_003Lokasi Depot Air Minum RO

Selanjutnya setelah diukur luasannya maka mulailah digambar menggunakan Google Sketch UP-8. Hasil desain menggunakan Scketch Up-8 sebagai berikut :

depot air 7 Tampak Depan Bangunan

depot air 8

Tampak Kanan

depot air 4Tampak Bangunan dari Belakang-Kanan-Atas (BKA)

 depot air 10Tampak Bangunan dari Belakang-Kanan-Bawah (BKB)

Ada kemudahan mendesain sebuah bangunan menggunakan Sketch Up-8 yang Free Download dari Mbah Google. Secara mandiri setelah melihat tayangan melalui video dari Youtube tentang menggambar menggunakan Sketch Up, dicoba dan dipakai ternyata bisa ..

Dari gambar inilah, tukang  beserta pembantunya menggarap ‘proyek’ depao air minum RO. Tahapan-tahapan selanjutnya tergambar dari foto-foto berikut :

 WP_20140420_014

 Tahap Pondasi

 IMG_1664 Tahap Plester

 WP_20140504_018Tahap Plamur

Saat ini set mesin Reverse Osmosis (RO) dalam tahap perakitan lemari target pemasangan sekitar pertengan mei 2014. Adapun sumber air adalah air bor yang berjarak sekitar 6 meter disamping asrama putri.

WP_20140504_023

 

Dengan kapasitas produksi 80 galon perhari maka pemenuhan air bersih yang higienis tempat-tempat strategis antara lain di kamar-kamar asrama, masjid, kantor-kantor dan dapur akan baik.

Posted on 4 May 2014, in informasi. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. wah mantap ustad di kala ki arsiteknya uin… haha

  2. hehe..bukan masalah kalah menang, ini sekedar lampiaskan hobi coret-coret. Heeiii kapan mau ajari aku autocad ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: