Equinox & Air

Bada shalat dhuhur siang tadi, ada salah siswa saya minta menyiram bunga di pot yang masih terlindungi atap di teras depan auditorium sekolah. “Pak, katanya orang, tidak bagus menyiram tanaman pada siang hari?,” tanya sang murid sambil menyiram bunga dengan air dari sebuah timba.”Betul, sebenarnya tidak tepat menyiram pada siang hari tetapi bunga ini kan terlindungi dari teriknya cahaya matahari langsung, InsyaAllah tidak mati daripada tidak disiram seharian bisa jadi besok berpeluang mati!”, saya berargumen.

Sorang botanis dari Inggris, Alastair Culham, PhD menjelaskan bahwa temperatur dan kondisi luar ruangan yang terlalu panas bisa menjadi malapetaka pada tanaman kesayangan anda. Pemikiran bahwa menyiram tanaman supaya daun-daun segar saat cuaca panas tidak benar, justru daun bisa kering karena air menguap sebelum masuk ke dalam tanah dan tumbuhan kehilangan kelembapan.

Menyiram Bunga Pucuk Merah

Jadi kapan waktu yang tepat untuk menyiram tanaman? Culham menyarankan waktu terbaik untuk menyiram tanaman saat musim panas adalah pagi dan sore hari ketika matahari tidak terlalu panas dan tanaman berkesempatan melakukan penyerapan air hingga ke akar. Hindari juga menyiram tanaman pada malam hari, karena membuat daun dalam kondisi berair dan lembab terlalu lama sehingga kemungkinan diserang jamur dan sedikit waktu tanaman menyerap air dan mengeringkannya.

Beberapa hari ini kita semua rasakan cuaca panas pada siang hari, bahkan malam hari. Lumrah banyak orang bertanya-tanya fenomena perubahan cuaca yang dirasakan. Sekitar bulan maret dan bulan september fenomena equinox atau dikenal dengan hari tanpa bayangan karena matahari tepat di atas garis katilistiwa dalam gerak semunya adalah penanda titik balik perubahan musim.

Beredar informasi di media sosial agar masyarakat jangan lupa minum lebih banyak air, makan lebih banyak buah dan mengurangi aktivitas di luar rumah dari tanggal 22 s/d 28 Maret 2019. Tidak salah juga apa yang disarankan di media sosial karena toh tidak ada ruginya, kecuali menjadi penghalang beraktivitas di luar rumah.

Dan memang solusi cuaca panas yang sederhana adalah banyak minum air dan menyiram tanaman atau lingkungan kita dengan air agar dirasakan kesegaran kembali. Sehingga lumrah air disebut juga dengan sumber kehidupan. Bagaimana air menurut Al Qur’an?. Penyebutan air dalam Al Qur’an terdapat di banyak surat dan ayat dengan kandungan isyarat makna yang beragam. Salah satunya pada QS Al Anbiya 30

Tanaman Anggur

“…Dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?”

Ibu Katsir menafsirkan ayat diatas dengan mengatakan “ Asal mula segala sesuatu yang hidup adalah air”. Dalam HR Ahmad, Abu Hurairah RA berkata kepada Rasulullah SAW,” Wahai Rasulullah, ketika melihatmu, aku merasakan kebahagiaan dan kepuasan di dalam diriku. Beri tahu aku tentang segala sesuatu,” Rasulullah SAW bersabda,” Segala sesuatu diciptakan dari air,” …

Implikasi saintifik menurut Dr. Zaghlul an-Najjar  bahwa air sumber kehidupan dari fakta penciptaan, yaitu Keberadaan air mendahului keberadaan seluruh organisme hidup. Penelitian geologis membuktikan usia bumi sekitar 4,6 miliar tahun dengan fosil makhluk hidup tertua yang ditemukan berusia 3,8 miliar tahun. Artinya, waktu untuk mempersiapkan permukaan bumi siap ditempati makhluk hidup sekita 800 juta tahun.

Alah menciptakan jenis kehidupan pertama dalam air. Penelitian di bidang geologi membuktikan penciptaan tumbuhan berlangsung sebelum penciptaan berbagai jenis binatang. Tumbuhan dan binatang diciptakan terlebih dahulu sebelum manusia. Alasan urutan penciptaan ini sangat jelas, manusia membutuhkan tumbuhan dan hewan sebagai nutrisi. Fakta ilmiah modern menemukan bahwa tumbuhan memainkan peran kunci dalam mensuplai atmosfer bumi dengan oksigen yang sangat dibutuhkan makhluk hidup.

Posted on 23 March 2019, in Info Fistik, informasi and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: