Alat Ukur Besaran Dan Ketelitiannya

mengukur 5Pengukuran

Untuk mencapai suatu tujuan tertentu di dalam fisika, kita biasanya melakukan pengamatan yang disertai dengan pengukuran. Anda mengukur lebar meja belajar dengan menggunakan meteran, dan mendapatkan bahwa panjang meja adalah 1,5 meter. Dalam pengukuran di atas Anda telah mengambil meter sebagai satuan panjang.

Kenyataan dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melakukan pengukuran terhadap besaran tertentu menggunakan alat ukur yang telah ditetapkan. Misalnya, kita menggunakan mistar untuk mengukur panjang.

Pengukuran sebenarnya merupakan proses pembandingan nilai besaran yang belum diketahui dengan nilai standar yang sudah ditetapkan.

ALAT UKUR BESARAN

Alat Ukur Besaran Pokok

a. Panjang   ( Mistar, Jangka Sorong & Mikrometer Sekrup)

b. Massa  ( Neraca )

c. Waktu  ( Stopwatch, Arloji )

d. Kuat Arus Listrik  ( Amperemeter )

e. Jumlah Zat ( Pengukuran Tdk Langsung)

f. Intensitas Cahaya ( Lightmeter )

1. ALAT UKUR PANJANG DAN KETELITIANNYA

a. Mistar

Pada mistar 30 cm terdapat dua gores/strip pendek berdekatan yang merupakan skala terkecil dengan jarak 1mm atau 0,1 cm.  Ketelitian mistar tersebut adalah setengah dari skala terkecilnya.

Jadi ketelitian atau ketidakpastian mistar adalah (½ x 1 mm ) = 0,5 mm atau 0,05 cm

Contoh pengukuran dengan mistar Klik Disini !!

b. Jangka Sorong

Jangka sorong terdiri atas dua rahang, yang pertama adalah rahang tetap yang tertera skala utama dimana 10 skala utama panjangnya 1 cm. Kedua rahang geser dimana skala nonius berada. 10 skala nonius panjangnya 0,9 cm sehingga beda panjang skala utama dan nonius adalah 0,1 mm atau 0,01 cm.

Jadi skala terkecil pada jangka sorong 0,1 mm atau 0,01 sm sehingga ketelitiannya adalah  ( ½ x 0,1 mm ) = 0,05 mm atau 0,005 cm.

c. Mikrometer Sekrup

Skala utama micrometer sekrup pada selubung kecil dan skala nonius pada selubung luar yang berputar maju dan mundur. 1 putaran lengkap skala utama maju/mundur 0,5 mm karena selubung luar terdiri 50 skala maka 1 skala selubung luar = 0,5 mm/50 = 0,01 mm sebagai skala terkecilnya.

Jadi ketelitian atau ketidakpastian micrometer sekrup adalah   ( ½ x 0,01 mm ) = 0,005 mm atau 0,0005 cm

Contoh pengukuran dengan Jangka Sorong & Mikrometer Sekrup Klik  JK&MS 1, JK&MS2 dan JK&MS3

2. ALAT UKUR WAKTU DAN KETELITIANNYA

Alat ukur waktu yang umum digunakan adalah stopwatch. Pada stopwatch analog jarak antara dua gores panjang yang ada angkanya adalah 2 sekon. Jarak itu dibagi atas 20 skala. Dengan demikian, skala terkecil adalah 2/20 sekon =  0,1 sekon.

Jadi ketelitian stopwatch tersebut ( ½  x  0,1 sekon ) = 0,05 sekon

Alat Ukur Besaran Turunan

  • Speedometer             :  mengukur kelajuan
  • Dinamometer             :  mengukur besarnya gaya.
  • Higrometer                :  mengukur kelembaban udara.
  • Ohm meter                 :  mengukur tahanan ( hambatan ) listrik
  • Volt meter                  :  mengukur tegangan listrik.
  • AVOmeter :  mengukur kuat arus, tegangan dan hambatan listrik
  • Barometer                  :  mengukur tekanan udara luar.
  • Hidrometer                :  mengukur berat  jenis larutan.
  • Manometer                :  mengukur tekanan udara tertutup.
  • Kalorimeter                :  mengukur besarnya kalor jenis zat.

Lihat Artikel  Terkait

  1. Laporan Hasil Pengukuran ( Mistar, Jangka Sorong & Mikrometer Sekrup)
  2. Jangka Sorong Dan Mikrometer Sekrup
  3. Jangka Sorong Virtual
  4. Mikrometer Sekrup Virtual
About these ads

Posted on 7 August 2009, in Materi Ajar and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 50 Comments.

  1. apakah masih ada alat ukur selain yang ada diatas.

  2. ndak ada ktrangan soal stopwatch ya?

  3. makasih banget mas materi fisikanya, saya dan temen-temen sangat terbantu menyelesaikan beberapa tugas terkait. semoga sehat wal afiat selalu, dan senantiasa diberi kekuatan oleh Alloh SWT

  4. pipin, makasih juga mampir

  5. gg ada pnjelasan alat ukur slain panjang massa & waktu yah?
    kuat arus listrik,jumlah zat,intesitas cahaya,suhu

  6. Trims masukannya, Putra. Sesuai SK 1 KD 1.1 besaran fisika pengukurannnya difokuskan ke besaran panjang, massa dan waktu. Tapi kalau mau info besaran lain, Kuat arus listrik kelas X sem 2, Intensitas Cahaya kelas XII sem 1, suhu kelas X sem 2. Trims

  7. thank’s

  8. admin aku mau tanya nie

    Sebuah mistar digunakan untuk mengukur suatu panjang. Di antara penulisan berikut yg menunjukkan ketelitian paling tepat adalah…
    a.25 cm
    b.25,0 cm
    c.25,00 cm
    d.25,03 cm

    jawabannya yg mana yahh….?? (aku gak tau)
    kalo ada jwabannya kirim ke email aku yahh….
    aliyatunayu@yahoo.com

    pliss,,paling lambat tgl 11 september 2011

  9. zaenal muhlisin

    Saya pengen tahu dari mana satuan tersebut ditentukan ?Misalnya dari mana asal usul meter tersebut ?Bagaimana menentukan ukuran per satuan meter pada waktu itu ?

  10. Saya suka materinya.. sayangnya ada link yang ngga bisa dibuka. padahal itu yang ingin saya tahu,,

  11. kurang lengkap -_________-

  12. Mas emang besaran turunan gak ada ketelitianya ya?

  13. kurang lengkap

  14. Rizal Nur Furqon

    INi baru luar biasa

  15. I like this… ):

  16. I like this… :)

  17. ini sgt mmbntu mmenuhi referensi belajar sya,,, mksh ;D

  18. Trima kasih ini sangat membantu saya untuk membuat pr

  19. g ada keterangan tntng pengukuran jmlh zat y

  20. ketelitihan -a gk ada

  21. sangatt membantu

  22. pelajarann buat kuliahh lebihhh pusingg pakk…

  23. ihsanty novita sarah

    Ada yg laen slain ygg di atas contoh alat ukurnya??

  24. i like fisika

  25. klo alat yang tepat untuk mengukur panjang buku, Diameter dalam pipa, Diameter kawat, Tebal Buku itu menggunakan apa yah? (tetapi dari tiga alat yg ada di atas, (Mistar, Jangka sorong, dan Mikrometer sekrup))

  26. kalau untuk mengukur besaran?

  27. apa yah alat ukur jumlah zat

  28. kurang lengkap

  29. Jadi bingung, ketelitian sama n.s.t (nilai skala terkecil) bedanya apa sih ._.

  30. Asiiik.ada euyy buatt TUGAS kimia

  31. trimkasi infonya,,,,
    lengkapiin dooong… :-)

  32. Ersthy enggelista efendi

    Aku mau jadi anak fisika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 56 other followers

%d bloggers like this: