Apa ya ? Beda Meteorid, Meteor dan Meteorit

Dari Lapan.go.id hari Jumat (30/4) ,  tiga peneliti di bidang astronomi yaitu Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Abdul Rahman, dan Neflia meneliti lokasi jatuhnya meteorit. Dari hasil analisis lokasi, menurut Thomas, sangat mungkin adanya indikasi ledakan meteorit,“Dari sifat-sifatnya, itu memang meteorit,”

Ia menduga, meteorit jatuh dari arah tenggara kemudian menumbuk dinding barat rumah utama. Panas akibat meteorit tersebut menyebar di ruang tengah dan membakar beberapa barang. “Tekanan panas juga melontarkan genteng rumah tersebut,” ujar Thomas.  Peneliti Lapan tersebut menjelaskan, meteorit berbentuk batu berwarna hitam pekat. Warna hitam akibat terbakarnya meteorit saat memasuki atmosfer bumi.  Hingga Jumat malam, meteorit tersebut belum ditemukan.


Yaa..belum lama rasanya berita jatuhnya asteroid di Bone, Sulawesi Selatan ( lihat Asteroid Bone : Pertanda Pertahanan Bumi Yang Lemah) dan kalau nggak salah minggu lalu di Jawa Barat dan kini di Duren sawit.  Ada hal menarik  tentang istilah yang kadangkala salah pake’ oleh masyarakat. Maklum headline dan berita di media elektronik atau cetak tentang meteorit, otomatis masyarakat di semua lapisan setidak-tidaknya menyimak apakah yang bikin rumah bisa hancur seperti itu ? Apa itu meteorit ?

Ada meteor, ada meteorit ( akhiran huruf  t) dan ada meteorid ( akhiran huruf  d).

Meteorid adalah batuan-batuan kecil yang sangat banyak dan melayang-layang di angkasa luar. Batuan-batuan ini banyak mengandung unsur besi dan nikel.

Meteor adalah Batuan-batuan atau benda langit yang bergesekan dengan atmosfer bumi dan habis terbakar sebelum sampai di permukaan bumi

Meteorit adalah batuan-batuan yang tidak habis terbakar dan sampai di permukaan bumi

Batuan-batuan ini masuk ke atmosfer bumi karena pengaruh gravitasi bumi. Gesekan dengan atmosfer bumi menghasilkan panas yang membakar batuan-batuan itu dalam perjalanan ke bumi. Nah begitu perbedaannya, mudah-mudahan penggunaan istilah ataupun penulisanpun tidak keliru.

Berikut gambar menarik perjalanan Meteor yang menabrak  sebuah gedung !

 

Transisi 1 sampai 3 : Meteor mengarah ke sebuah gedung tinggi di suatu kota tentunya dengan kecepatan yang luar biasa dan suhu yang sangat tinggi.

Transisi 4 sampai 7 : Meteor menabrak gedung dengan hebatnya. Naah kalau ada sisa batuan dari meteor yang jatuh/menabrak gedung tersebut dinamakan Meteorit

Di Duren Sawit, sampai saat ini batuan Meteoritnya belum ditemukan ! Jadi …

 

 

 

About these ads

Posted on 2 May 2010, in Info Fistik and tagged , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. BEDANYA ADALAH
    METEOR JIKA JATUH KE ATMOSFER AKAN HABIS SHNGGA TAK BRBAHAYA
    SDNGKAN METEORID JIKA KE ATMOSFER TIDAK TRKIKIS SHINGGA BRBAHAYA

  2. thank infox :)

    
    		
  3. meteorid sama meteoroid itu sama apa beda sih? itu kok yang dijelasin malah meteoroid bukan meteorid? kalo meteorit saya udah ngerti. tapi perbedaan antara meteorid sama meteoroid itu loh yang ga pernah dijelasin di mana mana. apa itu cuma karena perbedaan penulisan aja? kalo gitu meteorid lebih diartikan sebagai meteorit atau meteoroid? soalnya dua duanya punya kemiripan huruf

  4. @adi oke makasih banyak

  5. saye suke dngan ckpn you……….

  6. hemmm
    JADI METEOROID ITU NGGAK ADA ??

    yang ada :
    meteorid
    meteor
    meteorit ?

  7. eni sangat menakjukkan

  8. tp klo ada yg namanya meteoroid apakah itu benda yg berbeda atau nama lain dari meteorid?

  9. yang bener meteoriD apa meteoriT???

  10. muthia azzahra

    kadang aku suka bingung membedakan antra meteorid ,meteor dan meteorit ?
    hampir sama semua penjelasannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 54 other followers

%d bloggers like this: