Ujian Kompetensi Guru Tahun 2012

Ada yang menghadapinya dengan panas karena cemas, ada yang tenang-tenang air menggenang, dan variasi respon mewakili perasaan keduanya, atau diantaranya yaitu sedikit cemas tapi berusaha tenang atau tenang tetapi cemas mempersiapkan. Yang sangat menenangkan bagi sebagian Guru adalah untuk tahun ini hasil uji kompetensi tidak mengakibatkan pinalti pada tunjangan sertifikasi. Sebanyak 1417 Guru sertifikasi di kabupaten Enrekang mulai 30 Juli 2012 melaksanakan Ujian Kompetensi Guru (UKG)  untuk materi 2 kompetensi (dari 4 kompetensi) yaitu Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional.

Sesuai panduan, Ujian Kompetensi Guru kali ini secara online !. Sebenarnya untuk teknis operasional dalam menjawab sepertinya tidak begitu rumit..hanya butuh 6 tombol karena tombol keyboard yang lainnya dinonaktifkan. Tombol a, b, c, d untuk memilih jawaban dan tombol spasi untuk maju ke nomor berikutnya serta tombol backspace untuk melihat soal di awal-awal. Yang ada sedikit modal komputer barangkali ndak terlalu resah, cuman bagi Guru yang berkategori tua, mau pensiun atau yang ndak mau mengenal keyboard perlu usaha lebih.

Teknis menjawab dengan tuts keyboard, solusinya kan ada tenaga teknis pendamping di ruang ujian…”, kata seorang Guru untuk menenangkan beberapa rekan lainnya. Kesulitan sebenarnya bukan terletak pada tuts keyboard, tetapi ada pada menjawab pilihan yang benar dari soal yang diberikan!

Belum terlambat, untuk Bapak, Ibu Guru yang belum mendapatkan kisi-kisi bisa download beberapa mata ujian UKG berikut :

  1. Fisika SMA
  2. Matematika SMA
  3. Kimia SMA
  4. Biologi SMA
  5. Bahasa Inggris SMA
  6. Dan lainnya bisa di download langsung di http://ukg.kemdikbud.go.id/

Tampilan beranda seperti gambar berikut

Pada tampilan diatas, kita klik pada Kisi-kisi Uji Kompetensi Guru. Setelah beberapa saat akan muncul tampilan baru untuk memilih Mata Pelajaran Umum atau Kejuruan. Bagi Guru Mata Pelajaran Umum maka bisa memilih materi dengan meng’klik’ pada pilih materi misalnya Fisika SMA, lalu klik kembali.

Selanjutnya , tunggu beberapa saat sehingga akan tampil ikon atau simbol download di sisi sebelah kanan.

Tekan ikon tersebut dan terdownload soal dalam format pdf.

Mudah-mudahan proses Ujian Kompetensi Guru di enrekang berjalan lancar dan semua mendapatkan hasil yang baik. Amiin

Posted on 28 Juli 2012, in informasi and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar